Cara Meningkatkan Stamina Pemain Bola yang Mudah

9 Likes comments off
cara meningkatkan stamina pemain bola

Menjadi seorang atlet olahraga, khususnya pemain sepak bola, tentu perlu memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Tubuh yang sehat dan kuat akan memberikan manfaat yang baik bagi setiap orang, apalagi pemain sepak bola yang memerlukan banyak latihan. Ini adalah 5 cara meningkatkan stamina pemain bola yang mudah dan murah:

1. Mengkonsumsi Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan zat makro dalam suatu bahan yang berfungsi sebagai penghasil energi. Nilai energi karbohidrat adalah 4 kkal per gram. Karbohidrat kompleks baik untuk tubuh, sebab dapat membantu menjaga stamina bertahan lebih lama. Karbohidrat kompleks terdiri atas polisakarida dan serat. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi sebagai karbohidrat kompleks adalah beras merah.

2. Cukupi Asupan Protein

Molekul protein lebih kompleks daripada karbohidrat dan lemak dalam hal berat molekul dan keanekaragaman unit-unit asam amino yang membentuknya. Protein sangat dibutuhkan untuk membentuk massa otot dan memperbaiki jaringan tubuh. Untuk protein yang dapat dikonsumsi sebagai cara meningkatkan stamina pemain bola adalah telur.

See also  Biodata Pemain Sepak Bola Internasional Yang Eksis

Telur sejauh ini diketahui mengandung protein yang baik yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh, selain itu juga telur sangat mudah didapat serta harganya yang terbilang murah. Telur juga mengandung asam amino esensial. Contoh asam amino esensial adalah leusin, isoleusin dan triptofan. Lemak telur berada dalam keadaan emulsi. Satu butir telur rata-rata mengandung 6-7 gram triasilgliserol dan fosfolipida serta 250-300 mg kolesterol.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Mengapa harus mengkonsumsi buah dan sayur juga? Karena buah dan sayur mengandung zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral, dimana vitamin dan mineral tentunya sangat dibutuhkan oleh para pemain bola. Bahan makanan yang mudah dan murah untuk didapat yang mengandung vitamin dan mineral adalah seperti sayuran hijau, buah pisang dan alpukat.

See also  Biografi David Beckham, Pesepakbola Legendaris

Sayuran hijau banyak mengandung zat besi contohnya bayam, dimana zat besi tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya lemas, lesu atau anemia. Buah pisang tidak hanya sebagai sumber energi, ia juga mengandung kalium dan serat. Selain itu, buah pisang dapat meningkatkan pelepasan hormon dopamin. Buah alpukat mengandung banyak vitamin dan mineral serta lemak tak jenuh yang dapat menunjang energi cadangan.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu poin penting yang harus dilakukan oleh para pemain bola untuk dapat meningkatkan stamina tubuh. Tubuh perlu beristirahat agar dapat bekerja kembali dengan baik keesokan harinya, umumnya orang dewasa beristirahat kurang lebih selama 7-9 jam per hari.

5. Latihan Ringan

Latihan yang ringan dapat membuat otot tubuh ‘terbiasa’ bergerak. Beberapa latihan ringan yang dapat dilakukan adalah seperti berlari sprintpush up reaktif, lompat jauh, lompat lunges, press explosive, dan lompatan vertikal. Selain itu juga dapat melakukan peregangan atau pemanasan sebelum latihan ringan ini.

See also  Pencetak Gol Terbanyak Liga 1 Indonesia

Latihan ringan ini memiliki tujuan yaitu meningkatkan kecepatan berlari dan meningkatkan daya tahan kecepatan. Meningkatkan kecepatan berlari yaitu melibatkan penguatan dan peningkatan kekuatan otot dan mengurangi waktu kontraksi/relaksasi. Sedangkan tujuan meningkatkan daya tahan kecepatan yaitu melibatkan penurunan waktu pemulihan antara tersentak dan peningkatan jumlah tersentak yang mungkin cadangan energi yang dihabiskan selama berjalan akan meningkat.

Itulah beberapa cara meningkatkan stamina pemain bola yang mudah dan murah untuk dilakukan bagi para pemain bola. Cara-cara tersebut harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

You might like

About the Author: Rui